ARTIKEL BAHASA PEMROGAMAN & PERANNYA ( Tugas Pengantar Sistem Teknologi Informasi )

BAHASA PEMROGAMAN & PERANNYA

                               I.            Tahapan Pembuatan Bahasa Program
1)      Algoritma
Pengertian algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis.
Dalam ilmu matematika dan komputer, pengertian algoritma merupakan prosedur dari beberapa langkah demi langkah untuk penghitungan. Algoritma dipakai untuk penghitungan, penalaran otomatis, dan pemrosesan data. Pengertian algoritma ialah suatu metode yang efektif diekspresikan sebagai rangkaian yang terbatas dari beberapa instruksi yang telah dijelaskan dengan baik guna menghitung sebuah fungsi. Susunan algoritma dimulai dari kondisi awal dan input awal, instruksi tersebut mendeskripsikan komputasi yang apabila itu dieksekusi serta diproses dengan melewati urutan-urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, sehingga dapat menghasilkan output atau keluaran dan berhenti di kondisi akhir yang telah ditentukan. 
Algoritma sangat diperlukan untuk mengolah data yang ada di komputer. Dalam sistem komputer, pengertian algoritma ialah logika yang dibuat dengan memakai software oleh para pembuat perangkat lunak untuk membuat software tersebut menjadi lebih bagus. Algoritma berbeda dengan Logaritma. Perlu diketahui juga bahwa logaritma adalah sebuah operasi di ilmu matematika guna menghitung kebalikan eksponen dari sebuah perpangkatan.
2)      Syntax
Syntax adalah aturan menulis 'kalimat' agar mampu dimengerti dengan benar oleh bahasa pemrograman. Aturan syntax ini secara baku harus dipenuhi, karena saat proses compilasi setiap baris script akan di-check dan dipastikan apakah Compiler benar2 mengerti maksud kalimat atau tidak

3)      Intrepreter / pustaka
Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut. Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi.

4)      IDE + OS
IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Sedangkan OS adalah adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.





                            II.            Model Pemrogaman
1)      Struktural: fungsi dan prosedur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop).
Contoh: Pascal, C, Delphi, dll

2)      Object Oriented: object, class
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Contoh: Java, Phyton, Visual Foxpro, dll

                         III.            Peran Bahasa Pemrogaman
1)      Jaringan computer : socket progamming
Dalam perannya jaringan komputer berperan dalam komunikasi data atau pergerakan data dari setiap pengguna jaringan. Dalam sistem jaringan tersebut terdapat sebuah komputer pusat atau pengolah pusat. Biasanya komputer pusat ini berupa seperangkat komputer mainframe yang terhubung dengan jumlah terminal. Terminal-terminal ini bisa disimpan berdekatan dengan CPU atau terpisah dengan jarak yang cukup jauh atau bisa sangat jauh sekali, atau bahkan tersimpan luar negri atau dibelahan benua lain.
Hampir di setiap instansi, baik pemerintahan, pendidikan ataupun lembaga bisnis, termasuk lembaga keuangan seperti bank telah menggunakan jaringan komputer atau jaringan yang sudah canggih. Jadi dari hal tersebutlah pengolahan dan komunikasi data bisa dilakukan dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu contoh peran karingan komputer dalam komunikasi data adalah untuk pengiriman atau penerimaan email melalui jaringan internet, pengecekan kartu kredit secara online dan lain sebagainya.
( C, Java, Phyton )

2)      Database
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.
( Java ODBC, Phyton, dll )

3)      Internet of Things
Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan' IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.
Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.Dan kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.

4)      Cloud Computing
Cloud Computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

5)      Intellegent Transportation System
Intelligent Transport System (ITS) adalah integrasi antarsistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan danpengguna jalan. Mengintegrasikan pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan melalui sistem informasi dan teknologi komunikasi serta membantu sistem transportasi secara keseluruhan untuk bekerja secara efektif dan efisien.
Sebagai aplikasi inti untuk pengelolaan lalu lintas kota, ITS akan mengelola dan menggunakan sumberdaya data yang dibagikan antara berbagai sistem pengelolaan informasi. Sistem tersebut memadukan informasi dan fungsi manajemen lalu lintas untuk memudahkan kerjasama antara beberapa sistem. Untuk mendapatkan informasi yang berasal dari berbagai sumber diperlukan mekanisme pengumpulan dan pengelolaan informasi yang standard.

6)      Parallel Computing
Parallel computing adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat programberjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek,seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya, Maksudnya program dijalankan dengan banyak CPU secara bersamaan dengan tujuan untuk membuat program yang lebih baik dan dapat diproses dengan cepat. Dapat diambil kesimpulan bahwa pada parallel processing berbeda dengan istilah multitasking, yaitu satu CPU mengangani atau mengeksekusi beberapa program sekaligus, parallel processing dapat disebut juga dengan istilah parallel computing.
7)      Bio Informatika, E-Health
Bioinformatika merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasi untuk diterapkan dalam pengelolaan dan analisis biologis. Bidang ini mencakup penerapan dalam ilmu matematika, statistika dan informatika untuk memecahkan masalah biologis, terutama dalam hal DNA dan asam amino serta informasi yang terkait dengan kedua hal itu. Bioinformatika juga bisa disebut sistem manajemen informasi yang meliputi database biologi molekul dan software sebagai tools untuk mengelola dan menganalisis data biologis.




                         IV.            Tips Pemrogaman
1)      Pahami Algoritma
Jika anda ingin membuat suatu program, maka harus dimulai dari pembuatan algoritma terlebih dahulu. Anda harus memahami secara betul program anda ingin bertujuan untuk menyelesaikan masalah seperti apa dan bagaimana cara penyelesaiannya. Semua itu harus anda rancang dalam suatu algoritma yang logis dan efisien.

2)      Kuasai Sintaks
Setelah anda membuat algoritma, maka hal kedua yang anda harus lakukan adalah mengusai sintaks dari algoritma tersebut. Sintaks wajib dikuasai bagi seorang pembuat program agar lebih memudahkannya dalam pembuatan suatu kode dalam membat penyelesain masalah yangada di dalam program tersebut.

3)      Pahami model pemrogaman ( struktur/obyek oriented )
Dalam pembuatan suatu program, jika anda sudah menguasai algoritma dari program yang ingin anda buat dan anda sudah menguasai kode sintaksnya, maka sekarang anda harus menentukan model program anda , apakah program berstruktur / object oriented. Penentuan model program ini sangatlah perlu dilakukan , karena akan sangat menentukan dalam pemilihan Bahasa program yang akan anda pakai dalam pembuatan program anda.

4)      Berlatih
Kegiatan latihan merupakan unsur penting yang tak dapat dipisahkan begitu saja dalam pembuatan suatu program. Dengan berlatih anda akan secara perlahan lebih menguasai dari Bahasa pemrogaman yang anda pakai dan struktur dari suatu program. Hal ini tentunya akan membantu anda dalam pembuatan program sehingga lebih cepat dan meminimalisir kesalahan dalam program anda.


5)      Studi kasus sehari-hari
Studi kasus juga diperlukan dalam menentukan masalah yang akan anda selesaikan dalam program anda. Ini bertujuan agar program yang akan anda buat nantinya akan berguna bagi masyarakat luas maupun siapapun yang membutuhkannya, maka dari itu studi kasus terhadap masalah-masalah yang ada di sekitar anda sangat diperlukan.

6)      Aktif dalam pengembangan ( project, open source, github )
Dalam pembuatan program, untuk menunjang dan menambah ilmu pengetahuan anda dalam hal pemrogaman dan dalam bidang teknologi dan informasi maka anda setidaknya perlu aktif dalam pemngembangan pengembangan yang dilakukan oleh orang-orang disekitar anda yang sedang melakukan pembuatan suatu program. Tujuannya agar anda lebih cepat mengetahui informasi terbaru dalam bidang pemrogaman yang akan memudahkan anda nantinya.

                            V.            Sekuritas
1)      Kesalahan Algoritma
Kekeliruan, tidak tepat, kesalahan secara perangkat lunak, atau kerusakan pada perangkat keras.Dengan terjadinya error ini, maka pelaksanaan tidak sesuai dengan yang diharapkan.Pada beberapa kejadian, apabila terjadi error, maka perintah yang sedang dikerjakan diberhentikan karena tidak bisa dilanjutkan, seperti tidak ada printer. Namun pada kondisi lainnya, pekerjaan masih bisa dilanjutkan, karena error yang terjadi tersebut tidak terlalu mempengaruhi sistem dan bisa diabaikan. Kesalahan dalam algoritma dibagi empat, yaitu : syntax error, human error, command error, dan logical error

2)      Buffer Overflow
buffer overflow dalam Bahasa Indonesia yang berarti  buffer adalah tempat penampungan, overflow artinya kelebihan muatan. Jadi buffer overflow adalah suatu kondisi dimana element-element yang ada di dalam suatu program tidak dapat lagi menempati tempat penampungan (database) yang ada, baik disebabkan oleh kelebihan kapasitas, maupun error yang terjadi di dalam suatu program. 

                         VI.            Tingkat Bahasa Pemrogaman
1)      Tinggi : mudah dipelajari ( Bahasa C, Java, dll )
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.

2)      Rendah : sulit dipahami ( Bahasa mesin assembley, dll )
Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler .

SUMBER :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Menghitung Umur Lengkap Serta Bulan dan Harinya

Materi Input Output ( Mata Kuliah : Pengantar Sistem Teknologi Informasi )

Materi Memori ( Mata Kuliah : Pengantar Sistem Teknologi Informasi )